PENDIDIKAN BAHASA & SASTRA INGGRIS

STKIP - BIM

PENDIDIKAN BAHASA & SASTRA INGGRIS STKIP - BIM

Vision

English Education of STKIP BIMhas a mission, as a place of English teachers to be able togenerate English teacher bachelors who are professional, competitive, global        visional, democratic and characterized,independent and virtuous and also in accordance with MEA fulfillment.

 

Mission

a.      To generate professional English teachers

b.     To generate global visional English teachers and to shape characterized,virtous and well-mannered students

c.      To perform Tri Dharma of higher education that includes teaching learningactivity, research, and service for society on the basis of knowledge andtechnology (ipteks) development in education that related to education andresearch of basic level of senior high school to the level of gaining andmastering skill in performing as professional educators for students.

 

Objective:

a.      Tobe able to generate English teachers that have skills and are professional intheir field of works

b.     Tobe able to generate English teacher that are global visional and able to formcharacterized, virtuous, and well-mannered students

c.      Tobe able to perform Tri Dharma of higher education that includes, teachinglearning activity, research and knowledge and technology (ipteks) developmentin education and carry out service to society related to education and research of basic level of senior highschool to the level of gaining and mastering skill in performing asprofessional educators for students.


Curriculum

CAPAIAN PEMBELAJARAN (LEARNING OUTCOMES)

MENGACU KEPADA KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA(KKNI)  DAN

STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN TINGGI (SN DIKTI)

 

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

S1

 

SIKAP

  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila;
  7. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  8. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  9. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
  10. menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  11. mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik.

 

PENGUASAAN PENGETAHUAN

a.    menguasai konsep teoretis pedagogi dan konsep pengetahuan  dalam bidang studi bahasa Inggris yang sesuai dengan tugasnya sebagai pendidik.

b.    menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai metode pembelajaran bahasa Inggris khususnya yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill);

c.     menguasai prinsip dan teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran bahasa Inggris; menguasai pengetahuan faktual  tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan.

KETERAMPILAN KHUSUS

a.    mampu  merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran kurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler bahasa Inggris, dengan pendekatan pembelajaran siswa aktif  dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar, media pembelajaran berbasis ipteks, dan potensi lingkungan setempat, sesuai standar proses dan mutu;

b.    mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran bahasa Inggris;

c.     mampu merencanakan dan melakukan evaluasi proses dan evaluasi hasil serta menilai hasilnya  menggunakan teori dan pendekatan penilaian untuk dijadikan sebagai feedback;

d.    mampu meremcanakan dan melakukan penelitian tindakan kelas (action research) menggunakan prinsip penelitian  PTK dalam bahasa Inggris untuk dijadikan bekal menulis tugas akhir dalam mengakhiri studi;

e.    mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif;

f.     mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data  dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya;

g.    mampu melakukan kajian terhadap masalah mutu, relevansi, dan akses di bidang pendidikan, dan menyajikan pilihan terbaik dari solusi yang telah ada untuk dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan;

h.    mampu mengkaji dan mengembangkan berbagai metoda pembelajaran yang telah tersedia secara inovatif dan teruji.

KETERAMPILAN UMUM

a.    menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi sesuai dengan bidang studi bahasa Inggris;

b.    mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni dalam pembelajaran bahasa Inggris berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir;

c.     mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang pembelajaran bahasa Inggris,  berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data;

d.    mengelola pembelajaran bahasa Inggris secara mandiri;

e.    mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.

 

Schedule of Batch 2015

 

MATAKULIAH PRODI S-I PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

 STKIP BIM SURABAYA-KAMPUS WIYUNG

JADWALPERKULIAHAN SEMESTER II

NO

KODE

MATA KULIAH

MATA KULIAH

S

K

S

Dosen Pengampu

Hari

Jam

Ruangan

1.

288203303

Pend. Kewarganegaraan

3

Sri Nurhidayah, M.A.

 

Kamis

18:00

II.03

2.

288203311

Academic Listening

 

3

Yulis Setyowati, M.Pd.

 

Kamis

19:30

II.03

 

3.

288203318

 

 

Basic English Grammar

 

3

Apsari Fajar Prihantini, M.Pd.

 

Jumat

18:00

II.03

4.

288203308

Psikologi Pendidikan

 

3

Dewi Rosaria Indah, M.Pd.

 

Jumat

19:30

II.03

5.

288203414

Textual Reading

 

3

Nur Hidayat, M.Pd.

 

Sabtu

16:00

II.07

6.

288203307

Belajar dan Pembelajaran

 

3

Nuurus Sa’aadah, M.Pd.

 

Sabtu

17:30

II.07

Jumlah

18