PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI STKIP - BIM
Pendahuluan
Sejak surat keputusan izin oprasional (No 1670/E1.3/HK/2013) tahun 2013 dikeluarkan, program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak
Usia Dini (PGPAUD) STKIP BIM secara kosisten dalam berkonsentrasi
dalam dunia pendidikan anak usia dini. Jati diri inilah yang dipegang teguh
dalam menjalankan tridharma perguruan tinggi. Selama ini, PGPAUD STKIP BIM
telah mengalami berbagai dinamika. Diantaranya perubahan
kurikulum dari kurikulum berbasis KBK menjadi Kurikulum berbasis KKNI yang
disesuaikan dengan standar perguruan tinggi tahun 2014. Dengan dinamikan, diharapkan semakin dewasa dalam
pengelolaan untuk mencapai visi yang telah ditetapkan.
Visi
“Pada
tahun 2030,
PGPAUD STKIP Bina Insan Mandiri menjadi program studi yang unggul dalam
pengembangan sumber daya manusia, riset, serta menumbuhkan karakter mandiri,
pada bidang pendidikan anak usia dini yang bebasis IPTEKS”
Misi:
1.
Menyelenggarakan
pendidikan yang menghasilkan pendidik, pengelola, dan tenaga kependidikan pada bidang pendidikan anak usia dini yang professional dan menguasai IPTEKS.
- Mengembangkan SDM
melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sehingga mampu
meningkatkan kualitas guru/pendidik Anak Usia Dini (AUD) dalam penguasaan
pengetahuan dan teknologi.
- Menjalin kemitraan
dengan stakeholder
Tujuan:
1. Menghasilkan
lulusan yang memiliki suatu wawasan
pengetahuan, keterampilan, nilai, dan sikap
professional serta mampu menyelenggarakan pelayanan dan bimbingan
secara efektif dan efisien didukung dengan penguasaan IPTEKS dalam
bidang pendidikan anak usia dini sebagai landasan berkarya.
2. Dapat
menghasilkan penelitian-penelitian dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat,
khususnya bidang pengembangan pendidikan anak usia dini yang bermutu, serta
mengacu pada pengembangan potensi anak usia dini.
3. Menghasilkan
berbagai macam kegiatan sebagai operasionalisasi Memorandum of Understanding (MoU) dengan stakeholder pada bidang pendidikan anak usia dini.
Profil Lulusan
Lulusan Program Studi
PGPAUD mempunyai kualifikasi sarjana pendidikan anak usia dini (S.Pd) yang diharapkan dapat
bekerja sebagai pendidik, pengelola, dan
peneliti di TK, KB, TPA,
atau pada bidang pendidikan anak usia dini
Capaian
Pembelajaran
Lulusan Program Studi PG PAUD STKIP Bina
Insan Mandiri wajib memiliki sikap:
1.
Bertaqwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
2.
Menjunjung
tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan
etika;
3.
Berkontribusi
dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan
peradaban berdasarkan Pancasila;
4.
Berperan
sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada
negara dan bangsa;
5.
Menghargai
keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau
temuan orisinal orang lain;
6.
Bekerja sama
dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan
lingkungan;
7.
Taat hukum dan
disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
8.
Menginternalisasi
nilai, norma, dan etika akademik;
9.
Menunjukkan
sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara
mandiri;
10.
Menginternalisasi
semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
Lulusan Program Studi PGPAUD STKIP Bina
Insan Mandiri wajib memiliki keterampilan kerja umum:
1.
Mampu menerapkan
pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan
atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan
nilai humaniora yang sesuai dengan bidang PAUD;
2.
Mampu menunjukkan
kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
3.
Mampu mengkaji
implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan danteknologi yang
memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang PAUD berdasarkan
kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi,
gagasan,desain atau kritik seni;
4.
Mampu menyusun
deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi
ataulaporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman STKIP Bina Insan
Mandiri;
5.
Mampu mengambil
keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidangkeahliannya,
berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
6.
Mampu
memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega,sejawat
baik di dalam maupun di luar STKIP Bina Insan Mandiri.
7.
Mampu
bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan
supervisiserta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada
pekerja yangberada di bawah tanggung jawabnya;
8.
Mampu melakukan
proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawahtanggung
jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
9.
Mampu
mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali datauntuk
menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
Kemampuan Kerja
1. Mampu merencanakan,
melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran formal, informal, dan non formal
untuk pendidikan anak usia dini, dengan pendekatan pembelajaran aktif dan
memanfaatkan berbagai sumber belajar, media pembelajaran berbasis IPTEKS, dan
potensi lingkungan setempat, sesuai standar proses dan mutu;
2. Mampu
melakukan evaluasi proses pembelajaran pendidikan anak usia dini dengan
menggunakan penelitian tindakan kelas (action research);
3. Mampu
merencanakan dan mengelola sumber daya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah,
dan lembaga pendidikan di lingkungan PAUD yang menjadi tanggung jawabnya, dan
mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif dan kontekstual melalui
penelitian;
4. Mampu
mengambil keputusan yang strategis berdasarkan analisis informasi data dalam penyelenggaraan kelas, sekolah,
dan lembaga pendidikan anak usia dini yang menjadi tanggung jawabnya;
5. Mampu
melakukan kajian terhadap masalah mutu, kurikulum, relevansi, dan akses di
bidang pendidikan anak usia dini, dan menyajikan pilihan terbaik dari solusi
yang telah ada untuk dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan;
6. Mampu
mengkaji dan mengembangkan berbagai metode pembelajaran yang telah tersedia
secara inovatif dan teruji.
7. Mampu
mengembangkan jiwa kewirausahaan di lingkup bidang pendidikan PAUD
8. Mampu
menyelesaikan masalah pendidikan dan pembelajaran PAUD dalam konteks yang lebih
luas sehingga menghasilkan karya yang kreatif,
original, teruji yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu kependidikan
Penguasaan Pengetahuan
1. Menguasai
konsep-konsep dasar teori pendidikan anak usia dini, teori dan strategi bermain
anak usia dini, pengembangan kurikulum PAUD, dan manajemen PAUD.
2. Menguasai
pengembangan media anak usia dini, psikologi perkembangan anak usia dini,
bahasa asing, evaluasi perkembangan anak, seni budaya, sebagai landasan dalam
menganalisis dan menerapkan layanan pendidikan bagi anak usia dini.
3. Menguasai
keberbedaan tumbuh kembang masing-masing anak yang mencakup kecerdasan ganda
dan kesehatan anak, dengan memberikan program dan layanan yang sesuai dengan
kebutuhan anak usia dini.
4. Menguasai
dalam menyusun isi program perkembangan anak sesuai dengan tema dan kebutuhan
anak usia dini pada berbagai aspek perkembangan
5. Membuat
rancangan kegiatan bermain dalam bentuk program tahunan, semester, mingguan,
dan harian.
6. Menguasai
prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses serta hasil belajar anak usia
dini.
7. Menguasai
identifikasi kemampuan anak usia dini dalam berbagai bidang pengembangan moral
agama, sosial emosional, kognitif, fisik motorik, seni, dan bahasa
8. Menguasai
prinsip-prinsip pembelajaran sains, IPS, Matematika sesuai dengan perkembangan
anak usia dini yang mendidik dan menyenangkan
Mata Kuliah
Mata Kuliah Kode SKS
MK NASIONAL 12
1 1862073001 Agama 3
2 1862073002 Pancasila 3
3 2862073003 Kewarganegaraan 3
4 3862073004 Bahasa Indonesia 3
MK INSTITUSIONAL 15
5 1862073005 Pengantar Ilmu Pendidikan 3
6 2862073006 Belajar dan Pembelajaran 3
7 2862073007 Psikologi Pendidikan 3
8 3862073008 Manajemen Pendidikan 3
9 8862073009 Kewirausahaan 3
MK PRODI PAUD 117
10 1862073010 Konsep Dasar PAUD 4
11 1862073011 Bermain dan permaianan AUD 3
12 1862074012 Perkembangan AUD 4
13 2862073013 Teknologi Informasi AUD 3
14 2862073014 Model-model Pendidikan PAUD 3
15 2862074015 Alat Peraga Edukatif 3
16 3862073016 Kesehatan dan Gizi AUD 3
17 3862074017 Pengembangan Kognitif Kreativitas 3
18 3862073018 Pengembangan Kurikulum PAUD 4
19 4862073019 Stategi pembelajaran PAUD 4
20 3862073020 Perkembangan Bahasa AUD 3
21 4862074021 Pengembangan Sosial dan Emosional AUD 3
22 4862073022 Strategi Pendidikan Fisik dan Motorik 3
23 4862074023 Bahasa Inggris untuk PAUD 3
24 4862073024 Perencanaan Pembelajaran AUD 4
25 5862073025 Pengelolaan Lingkungan Belajar 3
26 5862073026 Statistika Pendidikan 3
27 5862073027 Pendidikan Seni Tari dan Musik untuk AUD 3
28 5862073028 Permasalahan Pendidikan PAUD 4
29 4862074029 Pengembangan Seni Rupa Untuk AUD 3
30 5862074030 Pendidikan Budi Pekerti 3
31 6862073031 Evaluasi Pendidikan PAUD 4
32 6862073032 Pembelajaran SAINS untuk AUD 3
33 6862073033 Pembelajaran IPS untuk AUD 3
34 6862074034 Microteaching 3
35 5862073035 Pengembangan Kecerdasan MI 4
36 6862073036 PTK 3
37 6862073037 Metodologi Penelitian 3
38 7862073038 Seminar Proposal Pendidikan untuk AUD 3
39 7862073039 Pembelajaran Matematika untuk AUD 3
40 7862073040 PPL 3
41 7862073041 Pendidikan Anak dalam Keluarga 3
42 7862073042 Manajemen PAUD 4
43 7862073043 Pendidikan ABK 3
44 8862076044 Skripsi 6
MK Pilihan 12
45 5862072044 Pemenuhan dan Perlindungan Hak Anak*) 2
46 7862072044 Kosentrasi Perbandingan TK/ 2
47 7862072044 Pembelajaran Bahasa Daerah untuk PAUD 2
48 6862072044 Pemberdayaan Masayrakat dalam Penyelenggaran
PAUD 2
49 6862072044 Supervisi PAUD 2
50 5862072044 Komunikasi untuk PAUD 2