PENDIDIKAN BAHASA & SASTRA INDONESIA

STKIP - BIM

PENDIDIKAN BAHASA & SASTRA INDONESIA STKIP - BIM

Visi

”Menjadikan program studi yang bermutu dan mampu menyiapkan sarjana pendidikan profesional, berbudi luhur, dan siap berkompetisi pada era global di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia tahun 2020”


Misi

1.    Menyelenggarakan proses belajar mengajar di bidang pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia bermutu,  profesional,  dan berbudi pekerti luhur.

2.    Mengembangkan penelitian berbasis IPTEKS di bidang pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia secara profesional.

3.    Mengembangkan program pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil penelitian pendidikan bahasa dan sastra indonesia sesuai kebutuhan masyarakat.

4.    Meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak  yang saling menguntungkan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

 

Tujuan

1.    Menjadi program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang dapat membentuk sarjana pendidikan yang    bermutu, profesional, dan berbudi pekerti luhur.

2.    Menghasilkan penelitian berbasis IPTEKS di bidang pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

3.    Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

4.    Menghasilkan jalinan kerjasama (networking) dengan lembaga atau instansi yang terkait.

 

Profil Lulusan

Menjadi Pendidik Bahasa dan Sastra Indonesia, Peneliti pemula bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Wirausahawan Bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, dan memiliki keahlian dalam bidang Jurnalistik yang professional, berbudi luhur, dan siap berkompetisi pada era global dengan penerapan IPTEKS.

 

Kurikulum

1.       Kompetensi Utama Lulusan

Kemampuan sebagai sarjana pendidikan yang profesional, berbudi luhur, dan mampu bersaing pada era global sebagai Pendidik Bahasa dan Sastra Indonesia. Kompetensi utama untuk lulusan menguasai Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Tujuannya membekali lulusan menguasai keilmuan pendidikan, khususnya di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang diimplemtasikan ke pengajaran dan pembelajaran.


2.       Kompetensi Pendukung Lulusan

Di samping memiliki kemampuan sebagai sarjana pendidikan yang profesional, berbudi luhur, dan mampu bersaing pada era global. Lulusan dibekali dengan Jiwa Kewirausahaan pada bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dengan berbasis IPTEKS.

 

3.       Kompetensi Pilihan Lulusan

Di dalam kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mencantumkan mata kuliah pilihan yang menjadi mata kuliah pilihan yang dibutuhkan mahasiswa. Mata kuliah pilihan dibagi menjadi empat kelompok yaitu:

a. Pembinaan                    : Pembinaan Bahasa Indonesia, Sanggar Bahasa, dan Sanggar Sastra (Semester IV, 3 SKS)

b. Keilmuan Kreatif         : Pragmatik, Stilistika, dan Semiotika (Semester V, 3 SKS)

c.  Penulisan                       : Penulisan Kreatif, Penulisan Skenario, dan Korespodensi  Surat (Semester VI, 3 SKS)

d. Profesi                             : Jurnalistik, Penyiaran, dan Penyuntingan (Semester VII, 3 SKS)

masing-masing mata kuliah pilihan diberikan saat semester IV sampai VII dengan bobot SKS masing-masing 3 SKS total jumlah mata kuliah pilihan yaitu: 12 Mata Kuliah yang dipilih 4 dengan total 12 SKS.

 

4.       Sebaran Mata Kuliah

Semester 1

KODE

MATA KULIAH

SKS

073129310

Pengantar Ilmu Pendidikan

3

073129301

Agama

3

073129307

Pancasila

3

188201308

Filsafat Ilmu

3

188201313

Filsafat Bahasa

3

188201318

Linguistik Umum

3

Total SKS

18

 

Semester 2

KODE

MATA KULIAH

SKS

073129311

Psikologi Pendidikan

3

073129312

Belajar dan Pembelajaran

3

073129309

Kewarganegaraan

3

288201314

Keterampilan Menyimak

3

288201319

Fonologi

3

288201326

Teori Sastra

3

Total SKS

18

 

Semester 3

KODE

MATA KULIAH

SKS

073129313

Manajemen Pendidikan

3

388201327

Sejarah Sastra

3

388201320

Morfologi

3

388201315

Keterampilan Berbicara

3

388201444

Media Pembelajaran BSI

4

388201335

Kajian Kurikulum BSI

3

Total SKS

19

 

Whoops, looks like something went wrong.