PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

STKIP - BIM

PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI STKIP - BIM

Pendahuluan

Sejak surat keputusan izin oprasional (No 1670/E1.3/HK/2013) tahun 2013 dikeluarkan, program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) STKIP BIM secara kosisten dalam berkonsentrasi dalam dunia pendidikan anak usia dini. Jati diri inilah yang dipegang teguh dalam menjalankan tridharma perguruan tinggi. Selama ini, PGPAUD STKIP BIM telah mengalami berbagai dinamika. Diantaranya perubahan kurikulum dari kurikulum berbasis KBK menjadi Kurikulum berbasis KKNI yang disesuaikan dengan standar perguruan tinggi tahun 2014. Dengan dinamikan, diharapkan semakin dewasa dalam pengelolaan untuk mencapai visi yang telah ditetapkan.

Visi

“Pada tahun 2030, PGPAUD STKIP Bina Insan Mandiri menjadi program studi yang unggul dalam pengembangan sumber daya manusia, riset, serta menumbuhkan karakter mandiri, pada bidang pendidikan anak usia dini yang bebasis IPTEKS

Misi:

1.      Menyelenggarakan pendidikan yang menghasilkan pendidik, pengelola, dan tenaga kependidikan  pada bidang pendidikan anak usia dini yang professional dan menguasai IPTEKS.

  1. Mengembangkan SDM melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sehingga mampu meningkatkan kualitas guru/pendidik Anak Usia Dini (AUD) dalam penguasaan pengetahuan dan teknologi.
  2. Menjalin kemitraan dengan stakeholder

 

Tujuan:

1.    Menghasilkan lulusan yang memiliki suatu wawasan  pengetahuan, keterampilan, nilai, dan sikap professional serta mampu menyelenggarakan pelayanan dan bimbingan secara efektif dan efisien didukung dengan penguasaan IPTEKS dalam bidang pendidikan anak usia dini sebagai landasan berkarya.

2.    Dapat menghasilkan penelitian-penelitian dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, khususnya bidang pengembangan pendidikan anak usia dini yang bermutu, serta mengacu pada pengembangan potensi anak usia dini.

3.    Menghasilkan berbagai macam kegiatan sebagai operasionalisasi Memorandum of Understanding (MoU) dengan stakeholder pada bidang pendidikan anak usia dini.

 

Profil Lulusan

Lulusan Program Studi PGPAUD mempunyai kualifikasi sarjana pendidikan anak usia dini (S.Pd) yang diharapkan dapat bekerja sebagai pendidik, pengelola, dan peneliti di TK, KB, TPA, atau pada bidang pendidikan anak usia dini

Capaian Pembelajaran

Lulusan Program Studi PG PAUD STKIP Bina Insan Mandiri wajib memiliki sikap:

1.      Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

2.      Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;

3.      Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;

4.      Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki  nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

5.      Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

6.      Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

7.      Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara

8.      Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

9.      Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara
mandiri;

10.  Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

 

Lulusan Program Studi PGPAUD STKIP Bina Insan Mandiri wajib memiliki keterampilan kerja umum:

1.      Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang PAUD;

2.      Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

3.      Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan danteknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang PAUD berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan,desain atau kritik seni;

4.      Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi ataulaporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman STKIP Bina Insan Mandiri;

5.      Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidangkeahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

6.      Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega,sejawat baik di dalam maupun di luar STKIP Bina Insan Mandiri.

7.      Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisiserta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yangberada di bawah tanggung jawabnya;

8.      Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawahtanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;

9.      Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali datauntuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;

 

Kemampuan Kerja

1.   Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran formal, informal, dan non formal untuk pendidikan anak usia dini, dengan pendekatan pembelajaran aktif dan memanfaatkan berbagai sumber belajar, media pembelajaran berbasis IPTEKS, dan potensi lingkungan setempat, sesuai standar proses dan mutu;

2.   Mampu melakukan evaluasi proses pembelajaran pendidikan anak usia dini dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (action research);

3.   Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan di lingkungan PAUD yang menjadi tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif dan kontekstual melalui penelitian;

4.   Mampu mengambil keputusan yang strategis berdasarkan analisis informasi  data dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan anak usia dini yang menjadi tanggung jawabnya;

5.   Mampu melakukan kajian terhadap masalah mutu, kurikulum, relevansi, dan akses di bidang pendidikan anak usia dini, dan menyajikan pilihan terbaik dari solusi yang telah ada untuk dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan;

6.   Mampu mengkaji dan mengembangkan berbagai metode pembelajaran yang telah tersedia secara inovatif dan teruji.

7.   Mampu mengembangkan jiwa kewirausahaan di lingkup bidang pendidikan PAUD

8.   Mampu menyelesaikan masalah pendidikan dan pembelajaran PAUD dalam konteks yang lebih luas sehingga menghasilkan karya yang kreatif,  original, teruji yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu kependidikan

Penguasaan Pengetahuan

1.   Menguasai konsep-konsep dasar teori pendidikan anak usia dini, teori dan strategi bermain anak usia dini, pengembangan kurikulum PAUD, dan manajemen PAUD.

2.   Menguasai pengembangan media anak usia dini, psikologi perkembangan anak usia dini, bahasa asing, evaluasi perkembangan anak, seni budaya, sebagai landasan dalam menganalisis dan menerapkan layanan pendidikan bagi anak usia dini.

3.   Menguasai keberbedaan tumbuh kembang masing-masing anak yang mencakup kecerdasan ganda dan kesehatan anak, dengan memberikan program dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan anak usia dini.

4.   Menguasai dalam menyusun isi program perkembangan anak sesuai dengan tema dan kebutuhan anak usia dini pada berbagai aspek perkembangan

5.   Membuat rancangan kegiatan bermain dalam bentuk program tahunan, semester, mingguan, dan harian.

6.   Menguasai prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses serta hasil belajar anak usia dini.

7.   Menguasai identifikasi kemampuan anak usia dini dalam berbagai bidang pengembangan moral agama, sosial emosional, kognitif, fisik motorik, seni, dan bahasa

8.   Menguasai prinsip-prinsip pembelajaran sains, IPS, Matematika sesuai dengan perkembangan anak usia dini yang mendidik dan menyenangkan

 

Mata Kuliah

Mata Kuliah    Kode   SKS

MK NASIONAL        12

1          1862073001    Agama 3

2          1862073002    Pancasila         3

3          2862073003    Kewarganegaraan        3

4          3862073004    Bahasa Indonesia        3

MK INSTITUSIONAL          15

5          1862073005    Pengantar Ilmu Pendidikan     3

6          2862073006    Belajar dan Pembelajaran        3

7          2862073007    Psikologi Pendidikan   3

8          3862073008    Manajemen Pendidikan           3

9          8862073009    Kewirausahaan            3

MK PRODI PAUD     117

10        1862073010    Konsep Dasar PAUD  4

11        1862073011    Bermain dan permaianan AUD           3

12        1862074012    Perkembangan AUD   4

13        2862073013    Teknologi Informasi AUD      3

14        2862073014    Model-model Pendidikan PAUD         3

15        2862074015    Alat Peraga Edukatif   3

16        3862073016    Kesehatan dan Gizi AUD       3

17        3862074017    Pengembangan Kognitif Kreativitas    3

18        3862073018    Pengembangan Kurikulum PAUD      4

19        4862073019    Stategi pembelajaran PAUD    4

20        3862073020    Perkembangan Bahasa AUD   3

21        4862074021    Pengembangan Sosial dan Emosional AUD    3

22        4862073022    Strategi Pendidikan Fisik dan Motorik            3

23        4862074023    Bahasa Inggris untuk PAUD   3

24        4862073024    Perencanaan Pembelajaran AUD        4

25        5862073025    Pengelolaan Lingkungan Belajar          3

26        5862073026    Statistika Pendidikan   3

27        5862073027    Pendidikan Seni Tari dan Musik untuk AUD  3

28        5862073028    Permasalahan Pendidikan PAUD        4

29        4862074029    Pengembangan Seni Rupa Untuk AUD           3

30        5862074030    Pendidikan Budi Pekerti          3

31        6862073031    Evaluasi Pendidikan PAUD    4

32        6862073032    Pembelajaran SAINS untuk AUD       3

33        6862073033    Pembelajaran IPS untuk AUD 3

34        6862074034    Microteaching 3

35        5862073035    Pengembangan Kecerdasan MI           4

36        6862073036    PTK    3

37        6862073037    Metodologi Penelitian 3

38        7862073038    Seminar Proposal Pendidikan untuk AUD      3

39        7862073039    Pembelajaran Matematika untuk AUD           3

40        7862073040    PPL     3

41        7862073041    Pendidikan Anak dalam Keluarga       3

42        7862073042    Manajemen PAUD      4

43        7862073043    Pendidikan ABK         3

44        8862076044    Skripsi 6

MK Pilihan      12

45        5862072044    Pemenuhan dan Perlindungan Hak Anak*)     2

46        7862072044    Kosentrasi Perbandingan TK/            2

47        7862072044    Pembelajaran Bahasa Daerah untuk PAUD    2

48        6862072044    Pemberdayaan Masayrakat dalam Penyelenggaran PAUD      2

49        6862072044    Supervisi PAUD          2

50        5862072044    Komunikasi untuk PAUD       2

Whoops, looks like something went wrong.